Cara Jualan Online Di Facebook Bagi Pemula. Dijamin Berhasil

Cara Jualan Online Di Facebook Bagi Pemula. Sebenarnya tidak ada rahasia jualan laris di facebook. Karena pengetahuan ini, hampir semua sudah mengetahui. Memulai jualan di fb, wajib harus punya akun facebook.

Berdasarkan pengalaman, trik menjual produk di medsos akan ketemu sendiri. Dengan dimulai berjualan dan mengevaluasi kegagalan-kegagalan yang telah terjadi.

Saya memulai berjualan di facebook di tahun 2017. Sejalan dengan berjualan di situs marketplace. Saat itu, facebook telah memiliki fitur jualan online. Sebelumnya belum ada. Masih menggunakan status untuk berjualan, dan targetnya hanya teman-teman dan pengikut saja.

Oke langsung saja ya.

Panduan Memulai Jualan Di Facebook

Login dan klik link Marketplace

Langkah awal berjualan di facebook


Setelah login, klik link marketplace. Yang menggunakan laptop, pc dan sejenisnya, posisi link marketplace ada di sebelah kanan. Sedangkan menggunakan android, posisi link marketplace ada di Menu.

Klik + Jual Barang

Halaman Jual Barang


Setelah Anda klik link marketplace, maka Anda diarahkan di halaman market place. Lalu klik tombol + Jual Barang. Pada penggunaan laptop, pc atau sejenisnya, posisi + Jual Barang ada di sebelah kanan. Sedangkan Android posisi + Jual Barang ada di sebelah atas.

Pilih Jenis Tawaran

Jenis Tawaran


Setelah Anda klik tombol + Jual Barang, Anda akan diarahkan di halaman Pilih Jenis Tawaran. Pilih jenis produk yang akan dijual. Di halaman ini pilihan yang ada :
1. Barang Dijual
2. Kendaraan Dijual
3. Rumah Dijual atau Dikontrakkan
4. Lowongan Kerja

Isi Form Jualan

Form Jualan Di Facebook


Setelah memilih jenis tawaran, lanjut dengan mengisi form jualan. Mulai dari tambahkan foto, judul, harga, kategori, kondisi, keterangan atau deskripsi produk, label produk, lokasi penjual dan ketersediaan produk. Selengkapnya lihat foto di bawah ini. Setelah semua terisi dengan data benar, lanjut dengan klik tombol terbitkan. Gunanya mempublish / memposting barang yang Anda jual.

Itulah tadi panduan jualan di facebook bagi pemula. Mudah sekali bukan. Selain mudah, fitur berjualan di fb tidak dipungut biaya sama sekali.

Tips Berjualan Di Facebook

  1. Pilih produk yang paling dibutuhkan atau langka. Pemilihan jenis produk berperan penting untuk meningkatkan penjualan. Tetapi jika memang tidak ada produk dibutuhkan untuk dijual, Anda bisa memilih jenis produk lainnya. Misalnya produk buatan sendiri, makanan, aksesoris dan lain-lainnya.
  2. Harga. Usahakan mungkin harga yang tetapkan masih terjangkau dan termasuk murah dibandingkan penjual lainnya. Saya hanya mengambil untuk 5%, dengan sistem dropship dari situs marketplace.
  3. Data penjual. Gunakan data penjual yang valid dan aktif. Memang tidak ada jaminan, dengan adanya data valid dan aktif membuat calon pembeli percaya dan membli produk Anda. Tetapi dengan begini, setidaknya menambah kepercayaan pengunjung toko Anda.
  4. Meningkatkan layanan toko. Tingkat layanan Anda sebagai penjual. Mulai dari kecepatan membalas pesan, komentar, WA, SMS atau telp. Keramahan juga diperlukan untuk meningkatkan layanan sebagai penjual.
  5. Jadwal toko. Berikan daftar jadwal buka toko Anda di facebook. Anda bisa mencantumkan waktu buka toko di kolom keterangan. Sehingga calon pembeli tahu kapan bisa menghubungi Anda sebagai penjual.
  6. Tingkatkan kepercayaan. Meningkatkan kepercayaan bisa dimulai dengan kecepatan membalas pertanyaan calon pembeli, keramahan sebagai penjual dan sertakan toko Anda di situs marketplace.
  7. Beriklan di Facebook. Banyak menganjurkan ini. Tetapi saya tidak pernah menggunakan fitur iklan dari Facebook. Karena ada beberapa alasan yang membuat saya malas beriklan dengan menggunakan facebook ads.
  8. Tingkatkan kesabaran. Pengalaman berjualan di facebook, hampir semua yang menanyakan produk hanya sekedar bertanya saja. Diperlukan waktu lama, agar mereka percaya dan akhirnya melakukan pembelian. Jadi, tingkatkan juga kesabaran. Jangan pernah memaksa atau menanyakan hal-hal sensitif kepada calon pembeli. Contoh: “Mas/mbak, jadi beli?”, “Hanya nanya aja, kapan mau beli. Yaelah habiskan kuota aja.” dan sejenisnya.

Itulah tadi 7 tips jualan di facebook ala saya. Dan hasilnya lumayan. 3-5 juta per bulan. Tanpa modal. Hanya sebagai dropshipper dari situs marketplace.

Keuntungan Berjualan Di Facebook

Ada banyak keuntungan atau benefit berjualan di facebook. Oleh sebab itulah, banyak memutar stir penghasilan dengan berjualan di medsos terbesar di dunia ini.

Berikut keuntungan berjualan di Facebook :

  1. Mudah. Hanya dengan mendaftar dan menjadi member di Facebook. Anda langsung bisa berjualan. Mendaftar dan menjadi member tidak dipungut biaya sama sekali. Selain itu, menjadi penjual di Facebook tidak perlu verifikasi data diri. Seperti foto KTP dan foto selfie memegang KTP.
  2. Tanpa Modal. Berjualan di facebook tidak perlu modal uang. Hanya koneksi internet saja. Dengan sistem dropship dari supplier yang ada di situs marketplace. Apa itu dropship? Dropship adalah sistem penjualan dimana kita sebagai penjual tidak perlu membuat barang atau menyimpan stok barang. Semua barang dikirimkan produsen atau supplier.
  3. Produk Dijual Tidak Dibatasi. Salah satu keuntungan untuk menghasilkan uang banyak. Dengan semakin banyak jenis barang dijual, semakin besar peluang mendapatkan keuntungan penjualan yang banyak. Jual saja semua produk yang ada di supplier dan produsen. Biar semakin banyak hasil penjualan.

Kekurangan Berjualan Di Facebook

Selain kelebihan berjualan di facebook telah disebutkan sebelumnya. Pasti Anda berpikir, masa gak ada kekurangannya sih? Memang ada kekurangannya. Yuk kita bahas satu persatu.

  1. Kurang Dipercaya. Biasanya sistem penjualan yang menggunakan pembayaran langsung ke rekening penjual, kurang dipercaya. Banyak sekali kasus penipuan terjadi online, khusus dalam penjualan barang. Untuk menanam rasa kepercayaan calon pembeli untuk rekening perorangan memang sulit. Kecuali jika sudah memiliki badan usaha yang resmi.
  2. Target Pasar. Bicara tentang luasnya target pasar penjualan di marketplace facebook, memang tidak bisa lebih diharapkan. Pasalnya, target pasaran sudah ditentukan oleh facebook, sesuai dengan kota asal penjual. Misalnya lokasi penjual di kota Bandung, pasti targetnya pengguna facebook yang ada di kota Bandung. Untuk mengatasinya, Anda harus beriklan di facebook ads.
  3. Hasil Penjualan Lama dan Sedikit. Akibat kurang kurang dipercaya dan target penjualan sedikit, sudah pasti untuk mendapatkan hasil penjualan fantastis akan lama. Solusinya beriklan di facebook. Tapi kemungkinan mendapatkan hasil penjualan hanya maksimal 50%.
  4. Banyak Nanya Tapi Gak Jadi Beli. Ini paling sering dirasakan penjual di Facebook. Termasuk saya. Tapi jangan hal ini membuat Anda emosi. Tetap santai. Karena calon pembeli adalah raja. Sedangkan pembeli adalah teman sejati.
  5. Saling menjatuhkan. Di facebook, mudah sekali menjelekkan produk penjual. Dengan berkomentar dan memberikan kalimat menjelekkan produk atau penjual. Sebenarnya bisa dihapus dengan manual, tetapi jika sudah terlanjur dibaca yang lain, kan reputasi bisa berkurang.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan jualan di facebook. Jangan jadikan kelemahan itu sebagai hambatan Anda berjualan di online. Karena itu hanya secuil kendala yang bisa diatasi.

Seiring waktu dan melakukan tip-tips di atas dengan benar, hasil penjualan akan meningkat tajam dan tetap.

Tanya Jawab

Berapa lama menghasilkan uang dengan jualan online di facebook?

Saya memulai berjualan di facebook seiring berjalan toko saya di situs marketplace. Dan setiap saya berjualan di facebook, saya selalu mencantumkan link produk dari situs marketplace di kolom keterangan produk di marketplace facebook. Dengan begini, meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Di bulan pertama sudah ada hasil penjualan yang lumayan. Saya tidak tahu berapa lama, jika tidak menyertakan link produk dari situs marketplace.

Bagaimana menghadapi calon pembeli yang banyak nany tetapi tidak membeli?

Sebenarnya untuk mengatasi calon pembeli seperti detektif ini, hanya cukup bersabar. Melayani seperti biasa. Jangan pernah emosi. Keramahan sebagai penjual juga bisa menjadi pemicu minat beli.

Berapa biaya beriklan di Facebook?

Harga tergantung budget Anda sendiri. Bisa mulai 30 ribu, 100 ribu dan semaunya.

Bagaimana hasil penjualan setelah beriklan?

Saya belum pernah mencoba beriklan di facebook. Tetapi melihat kesaksian-kesaksian penjual yang beriklan di facebook, hasil penjualan semakin bagus. Saya pernah berencana memasang iklan di Facebook, tapi saya urungkan. Karena melihat calon pembeli di facebook hanya banyak nanya saja. Ke depannya saya akan coba beriklan di facebook. Nanti hasilnya saya share di artikel ini.

Produk apa yang paling laku di Facebook?

Untuk pertanyaan ini saya tidak bisa jawab karena saya hanya berjualan alat-alat rumah tangga, kecantikan, alat-alat fitnes dan aksesoris HP. Yang paling laris produk rumah tangga.

Berapa keuntungan per produk yang Anda terapkan saat jualan online di Facebook?

Paling besar 7% dari harga supplier. Rata-rata 5%. Dengan selisih ini, hasil penjualan tetap bagus. Dan paling menyenangkan itu, pada saat bulan puasa dan lebaran. Bisa untung bersih belasan juta.

Itulah tadi pertanyaan yang sering dipertanyakan saat memulai jualan online di facebook. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan menanyakan di halaman komentar ya.

Lihat juga :

  1. Cara berjualan online agar cepat laku di internet
  2. 10 Tips Penghasilan 1 Juta Per Hari

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button