Cara Praktis Periksa Artikel Duplicate Content Dari Jasa Penulis

Cara Mudah Periksa Artikel Duplicate Content, Penyewa Jasa Menulis Wajib Tahu. Menulis bukanlah pekerjaan biasa. Diperlukan banyak ide, riset, ataupu daya imajinasi tinggi. Terutama menulis online. Diperlukan juga skill mengetik. Baik itu 5 jari 10 jari. Serta dibutuhkan juga konsentrasi atau fokus.

Karena itu, banyak orang menyerahkan tugas menulis kepada ahlinya. Yakni menyewa jasa penulis. Memilih jasa penulis tidak sembarangan. Jika salah pilih, artikel yang didapat tidak bermutu. Salah satunya duplicate content atau cuplikan konten. Yakni menjiplak beberapa atau seluruh bagian artikel orang lain.

Bagaimana cara mengecek artikel itu bukan duplicate content? Ada 2 aplikasi online gratis untuk memeriksa keaslian artikel. Apakah itu ditulis dengan kata-kata sendiri atau copy pastu punya orang. Baiklah, langsung saja ya. Berikut 2 alat berfungsi mengecek artikel fresh content:

Small Seo Tools Plagirims Checker

Alat online pengecek konten original atau tidak ini sangat mudah digunakan. Dan akurat serta tidak dikenakan biaya. Alias gratis.

Selain itu, menggunakan tool ini tidak diperlukan menjadi member atau anggota. Tidak perlu daftar. Langsung gunakan saja. Cara kerjanya hanya mengcopy artikel yang hendak diperiksa dan dipastekan ke kolom. Untuk lebih jelasnya yuk ikuti petunjuk di bawah ini.

Pertama buka dulu web resminya di : https://smallseotools.com/plagiarism-checker/

Kemudian Anda diarahkan ke halaman webnya. Lalu salinlah artikel yang akan diperiksa. Oh ya maksimal 1000 kata ya. Jadi jika ada artikel lebih dari 100 kata, sebaiknya dicicil. Misalnya ada 2500 kata. Dibagi 3 kali periksa. Pertama 1000, kedua 1000 dan terkahir 500. Lihat gambar di bawah.

Small Seo Tools Plagirims Checker

Setelah artikel diinput ke kolom search duplikasi. Pastikan isinya kurang 1000 kata ya. Kemudian klik tombol Check Plagiarism untuk melanjutkan. Seperti pada gambar di bawah ini:

Tombol Check Plagiarism

Lalu proses pengecekan berlangsung. Jika ditemukan ada konten plagiat, maka akan muncul tanda warna merah. Menandakan adanya duplikasi. Yuk lihat selengkapnya di gambar bawah ini:

Proses Pengecekan SEO Small SEO Tools Plagiarism Checker

Dibawah tulisan Results (hasil) membuktikan ada 33% plagiat atau duplikasi konten. Dan 67% Unique artinya artikel original atau fresh content alias hasil tulisan sendiri.

Dan tulisan compare gunanya pengecekan lebih lanjut ke mesin pencari seperti Google. Jika Anda klik tombol compare, maka Anda diarahkan ke Google. Dan akan ditunjukkan hasil duplikasi atau konten artikel yang pernah dimuat di website lain. Selengkapnya lihat gambar setelah klik tombol compare.

Hasil Compare SEO SMALL Plagiarims Checker

Melihat gambar dari hasil klik tombol compare, menunjukkan bahwa artikel pernah dimuat di website lain. Arti dimuat adalah pernah dipublish atau diterbitkan di web.

Bagaimana? Mudah sekali kan. Seo Small Tools plagiarims checker ini memang gratis. Tapi memiliki security setiap kali menggunakan. Untuk menghindari spams yang merugikan.

Alat ini dibekali captcha Google untuk pemakaian lebih dari 1 kali pemakaian. Maksudnya jika Anda gunakan sekarang lalu selesai. Kemudian 5 menit setelahnya Anda gunakan kembali, maka akan ada Google Captcha yang akan muncul.

Tapi itu tidak menjadi masalah, karena mudah sekali melewati captcha dari Google. Tidak sampai hitungan kurang semenit melewatinya.

Copyscape

Alat satu ini memang berbeda cara kerjanya dibandingkan alat deteksi plagiat dari Seo Small Tools. Dan tidak dijelaskan secara mendalam tentang copyscape.

Karena beberapa kelemahan, yang membuat tools duplicate content ini jarang digunakan. Mulai efisiensi, fitur dan jumlah pengecekan.

Menggunakan alat ini hanya cukup memasukkan url atau link artikel yang ingin diperiksa. Link copyscape disini: http://www.copyscape.com/.

Metode yang digunakan copyscape kurang efisien. Khususnya mengecek artikel yang disimpan di draft di web wordpress. Karena menginput link preview tidak akan bisa diakses oleh copyscape. Jadi tools ini direkomendasikan hanya untuk artikel yang telah dipublish ya.

Disclaimer : Tapi perlu diingat, alat cek keaslian artikel ini hanya bisa mengecek artikel yang pernah dipublish di online. Tidak bisa mendeteksi plagiat atau copy paste pada artikel yang telah diterbitkan di media tv, koran, radio dan media yang bukan online kerjanya.

Itulah tadi 2 cara mudah periksa duplicate content atau keaslian artikel. Bagi Anda yang menggunakan jasa penulis, 2 tools ini sangat penting diketahui. Dan digunakan untuk mengecek hasil tulisan dari jasa penulis yang dipekerjakan.

Jangan sungkan untuk memecat atau membatalkan kerjasama. Karena sangat besar resikonya jika mempublish artikel yang pernah online di web lain. Buruk bagi SEO. Dan bisa melanggar hukum hak cipta.

Jika mendapatkan jasa penulis penipu, jangan terlalu stress. Lebih baik usir stress dengan main gitar sambil melihat chord gitar pilihan disini. Semoga bermanfaat ya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button