Tips Jualan Online Paling Laris Untuk Pemula. Mudah Sekali

Tips Jualan Online Paling Laris. Memulai bisnis online maupun offline, tidak semudah dibayangkan oleh pemula. Namun semua itu bisa teratasi jika sudah mengetahui tips dan triknya.

Di artikel ini akan menjelaskan secara detail, cara memulai berjualan online. Dengan modal minim dan juga kecil risiko. Mengenai cepat lakunya, tergantung dari jenis produk dan persaingan penjualan produk yang sama.

Untuk itu 10 tips jualan online paling laris ini akan membantu. Membantu supaya produk penjualan cepat laris dalam waktu singkat. Tapi jangan lupa, untuk memulainya Anda harus fokus dan langsung mempraktekkannya.

10 Tips Jualan Online Paling Laris

Sebelum memulai 10 tips dan trik ini, diperlukan beberapa persiapan. Yakni:

  • Modal. Khusus yang satu ini sudah pasti dibutuhkan. Baik itu membuat toko online sendiri atau melakukan bisnis dropship di situs-situs marketplace. Biasanya menjadi dropshipper dari situs marketplace ke situs marketplace lainnya membutuhkan modal besar jika penjualan meledak.
  • Waktu. Yup, memulai usaha baru sudah pasti membutuhkan waktu. Waktu yang akan digunakan sudah pasti banyak. Namun setelah usaha berkembang dan mempunyai nama. Waktu Anda tidak akan terkuras banyak seperti di awal.

Berikut 10 tips jualan online paling laris untuk pemula :

1. Mempersiapkan Mental.

Pada bagian mempersiapkan mental ini wajib Anda miliki. Karena setiap memulai dan menjalankan usaha, diperlukan kesabaran. Kesabaran paling diuji adalah ketika produk dijual lama lakunya.

Bahkan produk sama sekali tidak laku. Dan jangan kaget. Karena namanya jualan, sudah pasti ada naik turunnya. Pasang surutnya.

Kabar gembiranya, permasalahan pada mental hanya dirasakan pemula saja. Untuk itu, pastikan sebelum memulai jualan online. Anda sudah siap untuk gagal.

Untuk meminimalisir kegagalan, silahkan ikuti tips-tips berikutnya di bawah ini.

2. Menentukan Produk Dijual

Sesuai dengan pengalaman saya, saat memulai jualan online. Penentuan jenis barang yang akan dijual memang sangat sulit. Namun kini semakin mudah karena pernah menjalankannya.

Agar tidak mengalami kesulitan memilih produk yang akan dijual. Sebaiknya memikirkan tujuan utama Anda melakukan jualan online. Tujuan utama yang harus Anda tanamkan di ingatan adalah mendapatkan keuntungan.

Untuk itu pilihlah produk yang mudah dijual dan selalu laku dijual. Jika bisa produk yang selalu dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat.

Bisa juga memilih produk hobi yang biasanya memberikan keuntungan jauh lebih besar daripada menjual produk kebutuhan pokok. Selain itu, jumlah persaingan juga sedikit.

Tapi mohon diingat, sesuaikan dengan kesanggupan modal yang dimiliki. Terutama menjual barang dengan sistem stok sendiri. Atau melakukan dropshipper antar situs-situs marketplace.

Kalau melakukan dropship dari website toko online sendiri, semakin lebih baik. Karena hanya mengeluarkan modal untuk membuat toko online saja.

3. Memilih Supplier Produk

Memilih supplier produk tidaklah sulit. Sangat mudah sekali. Saya mencari supplier terpercaya kebanyakan dari situs-situs ecommerce ataumarketplace besar di Indonesia.

Alasannya faktor keamanan dan kenyamanan. Faktor keamanan, situs ecommerce di Indonesia menggunakan sistem pembayaran yang aman. Yang tidak mudah terjadi penipuan. Saya kurang tahu istilahnya. Yang pasti situs-situs itu menggunakan rekening bersama atau rekening pihak ketiga yang dipercaya.

Faktor kenyamanan, jika produk yang rusak atau sesuai. Mudah untuk komplainnya. Dan lebih terjamin untuk penggantian produk yang tidak sesuai.

Biasanya kriteria supplier yang saya pilih adalah memiliki jumlah penjualan tinggi. Yang sudah menjual produk lebih dari 1 juta transaksi. Setelah menemukan kriteria supplier seperti ini, saya menjual seluruh produknya ke toko online saya.

Kerugian memilih supplier seperti ini paling sering saya alami adalah stok produk yang cepat habis.

4. Menentukan Harga Produk

Berdasarkan pengalaman, menentukan harga produk adalah faktor utama membuat produk cepat laku terjual. Carilah dan buatlah harga dengan keuntungan yang masuk akal. Berpikirlah selayaknya pembeli.

Saya memiliki toko online pribadi dan membuka toko di situs-situs ecommerce besar di Indonesia.

Pada toko online pribadi saya mengambil margin atau selisih penjualan antara toko saya dengan harga supplier sebesar 30%.

Sedangkan pada toko yang saya buka di situs e-commerce hanya mengambil keuntungan paling besar 5% dari harga supplier.

Hasil keuntungan pada kedua toko online yang berbeda tersebut, memang tidak sama. Namun keduanya menghasilkan sesuai harapan saya.

Lebih besar mana?

Lebih besar penghasilan membuka toko di situs e-commerce daripada toko online milik sendiri. Keuntungan bersih membuka toko di situs ecommerce rata-rata 9 juta s/d 12 juta per bulan. Sedangkan toko online pribadi menghasilkan profit 3-4 juta per bulan.

Saya akan menjelaskan kelemahan dan kelebihan membuka toko di situs e-commerce di akhir artikel ini. So, lanjut baca ya.

5. Upload Produk

Setelah menemukan supplier terpercaya dan menentukan harga jual, saatnya action. Yakni mengupload produk mulai dari nama produk, foto produk, deskripsi produk dan harga.

Deskripsi Produk

Pada bagian ini, khususnya toko online pribadi. Usahakan menulis artikel deskripsi produk lebih detail dan mendalam. Gunanya agar cepat naik di halaman pertama Google.

Di toko online sendiri, senjata promosinya hanyalah SEO. SEO inilah yang akan mempromosikan situs toko online Anda secara organik pada mesin pencari Google. Target promosi yang didapat adalah pengguna mesin pencari Google. Yang jumlah mencapai 100 juta pengguna di Indonesia.

Sedangkan deskripsi produk pada toko yang Anda buka di situs ecommerce, bisa menjiplak dari deskripsi produk pada toko online milik pribadi.

Foto Produk

Usahakan foto produk yang dijual menarik. Selain itu lebih berikan foto dari depan, belakang, samping kiri dan kanan. Agar lebih jelas. Dengan begini, calon pembeli bisa melihat apakah betul produk ini yang dibutuhkan serta mengetahui keaslian produk.

Jangan gunakan foto buram atau hasil jepretan penjual lain. Ambil saja foto dari toko supplier. Biasanya foto yang disediakan para supplier bersifat umum dan gratis. Jadi tidak ada yang komplain gegara comot foto orang lain tanpa izin.

Hal ini berlaku pada toko online pribadi atau membuka toko di situs e-commerce.

Harga Produk

Sekedar saran dan sesuai dengan pengalaman sendiri. Harga produk pada penjualan di toko online sendiri adalah selisih minimal 15% s/d 30% ditambah harga jual dari supplier.

Contohnya; harga supplier Rp.10.000 per pc. Saya jual eceran Rp.13.000 per pc dan harga grosir Rp.11.500 per pc untuk minimal order 10 pcs.

Sedangkan untuk membuka toko di situs e-commerce, saya menetapkan harga keuntungan sebesar 5%.

Contohnya ; harga supplier Rp.10.000, saya hanya menjual Rp.10.500 per pc. Berlaku untuk eceran maupun grosir.

6. Promosi

Setelah kelima tips diatas sudah dijalankan. Lanjut ke bagian promosi. Promosi dan harga adalah faktor keberhasilan penjualan produk Anda. Kedua ini tidak bisa dipisahkan.

Ada 2 jenis promosi yang akan dibahas di segmen ini. Yakni berbayar dan gratis.

Promosi Toko Online Pribadi

Di toko online pribadi, senjata promosi ampuh adalah mengoptimalkan kualitas SEO. Saya tidak akan menjelaskan SEO secara detail di artikel ini. Karena pembahasan seo pernah saya jelaskan di artikel Pengertian Dan Teknik Melakukan SEO.

Selain mengoptimasasi SEO, Anda bisa melakukan melakukan pasang iklan gratis. Namun mendapatkan situs iklan berkualitas yang menyediakan promosi online gratis sangat sulit.

Rekomendasi situs iklan terbaik dan gratis saya sarankan di situs cari harga murah. Situs ini salah satu situs blog berisi konten-konten berkualitas dan memiliki jumlah ribuan pengunjung per harinya.

Situs tersebut bisa dijadikan backlink berkualitas untuk situs toko online Anda. Selain itu, pemasangan iklan juga tidak dipungut biaya. Hanya saja, pemasang iklan diwajibkan mematuhi beberapa syarat yang tertera di sana.

Jangan lupa untuk mempromosikan situs toko online Anda di media sosial. Seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan sejenisnya. Lumayan juga menambah nilai DA dan PA situs toko online Anda.

Lihat Juga : Tips Dan Panduan Jualan Di Facebook Bagi Pemula

Promosi Toko Yang Ada Di Situs E-Commerce

Walaupun situs-situs ecommerce memiliki kunjungan ratusan ribu hingga jutaan pengunjung per hari. Belum tentu bisa melariskan penjualan produk yang ada di toko Anda.

Untuk itu, perlu promosi yang bisa menampilkan produk yang dijual tepat di halaman yang pertama kali diakses pengunjung situs e-commerce.

Dan mereka juga menyediakan fitur iklan. Dengan sistem membeli paket iklan. Dan biaya iklan dihitung dengan sistem jumlah klik.

Saya menyarankan ini. Cobalah dengan biaya iklan yang kecil. Misalnya dimulai Rp.100.000. Iklankan produk yang paling laris dan sedikit persaingan.

Jangan coba-coba melakukan promosi besar-besaran. Dengan membeli paket ads yang mahal dan mempromosikan seluruh produk yang ada di etalase toko.

Yang perlu Anda perhatikan menggunakan fitur ads di situs e-commerce adalah:

  1. Mencoba biaya iklan yang kecil dulu.
  2. Memilih produk yang tepat untuk diiklankan. Pilih produk yang laris di pasaran.
  3. Jika hasil penjualan dari iklan tidak maksimal, ganti produk yang diiklankan.

7. Tingkatkan Layanan

Pelayanan dalam menangani permintaan, pertanyaan dan penyelesaian masalah yang diajukan pembeli wajib ditingkatkan. Alasannya, pelayanan yang bagus membuat pembeli percaya dengan toko.

Permintaan

Pada bagian pelayanan permintaan yang sering diajukan calon pembeli dan pelanggan setia biasanya dari segi pemilihan jasa pengiriman. Selain itu, tak jarang meminta potongan harga atau bonus pembelian.

Saya sarankan pelayanan permintaan ini harus selalu ada. Selagi masih bisa mendapatkan profit, walaupun kecil. Apa salahnya memanjakan pembeli baru dan pelanggan setia dengan memberikan apa yang mereka mau.

Jangan pikirkan besar atau kecil profitnya jika Anda melakukan ini. Tetapi pikirkan repeat order yang ada dapatkan dari pembeli masa mendatang.

Percayalah, dengan memaksimalkan pelayanan permintaan pembeli, akan membuat pembeli Anda setia. Ini berlaku pada toko online pribadi maupun dropship di stus e-commerce ke situs e-commerce lainnya.

Pertanyaan

Untuk bagian ini, memang diperlukan kesabaran. Banyak nanya sudah lumrah dalam penjualan online. Ini disebabkan kurang detail deskripsi pada produk, kualitas produk, jasa pengiriman yang digunakan, ketersediaan barang dan ketidakjelasan produk yang pembeli pikirkan.

Tetap bersabar dan setia menjawab pertanyaan pembeli. Kadang ada juga pembeli menggunakan nama lain untuk menanyakan ketersediaan, pas membeli menggunakan nama lain juga.

Entah apa maksudnya. Tapi yang saya tangkap, jenis pembeli seperti ini hanya mengetest kesabaran, keramahan dan pelayanan penjualan toko. Apakah bisa dipercaya dan alasan lainnya.

Penyelesaian Masalah

Namanya jualan selalu ada permasalah antara penjual dengan pembeli. Biasanya yang dipersoalkan adalah produk yang tidak sesuai, kerusakan dan kehilangan paket pengiriman.

Yang perlu Anda ketahui, bahwa pembeli bukanlah raja. Melainkan teman dekat. Jika ada permasalahan sedemikian rupa, perlakukan pembeli Anda seperti memperlakukan teman dekat.

Diskusikan baik–baik permasalahan yang terjadi. Pelajari dan berikan solusi untuk penyelesaian masalah. Secara pengalaman, saya sebagai penjual selalu mengalah setelah bukti-bukti komplain lengkap.

Meningkatkan layanan penyelesaian komplain atas produk bermasalah, adalah upaya meningkatkan kepercayaan pembeli kepada penjual. Jadi kesimpulannya, pelayanan ini wajib dioptimalkan.

Itulah tadi 7 tips jualan online paling laris untuk pemula. Ketujuh tips di atas sudah saya lakukan dan berhasil.

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Di Situs Marketplace

Ada 3 situs marketplace yang saya jadikan tempat jualan online paling laris. Yakni Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Ketiga situs ini selalu menghasilkan uang setiap harinya.

Sistem penjualan online yang saya terapkan di ketiga situs e-commerce ini adalah sistem dropship.

Sistem dropship dari situs e-commerce ke situs e-commerce lainnya. Karena ketiga situs ini melarang dropship internal. Yakni dengan adanya 2 resi sama di situs.

Contohnya : Ada penjualan di Bukalapak, maka saya mencari supplier di Tokopedia agar menghindari resi yang sama. Atau ada penjualan di Shopee, maka saya mencari supplier di Tokopedia. Begitu seterusnya.

Kelebihan Berjualan Di Situs Marketplace

  1. Target penjualan cukup tinggi. Ini disebabkan pengunjung situs e-ecommerce berkisar ratusa ribu hingga jutaan pengunjung per hari.
  2. Sistem pembayaran dan pencairan dana penjualan aman. Dengan begini, tindakan kriminal seperti penipuan tidak mungkin ada terjadi.
  3. Fitur iklan memang berfungsi dengan baik. Dalam artian, jika menggunakan fitur iklan berbayar dari ketiga situs ini, produk kita langsung tampil di bagian yang pertama dilihat pengunjung. Sangat besar kemungkinan halaman produk diklik dan lanjut ke transaksi pembelian.
  4. Jasa kurir yang lengkap. Mulai dari JNE, J&T, Tiki, Pos, Kurir instant seperti grab atau gojek, Sicepat, Lion Parcel, Wahana, dan lain-lainnya. Apalagi sekarang ini ada sistem kurir COD (Cash On Delivery) yang artinya bisa dibayar di tempat penerima.
  5. Fitur berjualan yang lengkap. Mulai navigasi, kategori atau etalase produk, pinjaman usaha dan masih banyak lagi.

Itulah kelebihan berjualan online di ketiga situs marketplace yang saya jalankan dari tahun 2017 hingga sekarang.

Kekurangan Berjualan Di Situs Marketplace

  1. Keanggotaan. Saat ini situs marketplace hanya mengutamakan layanan tinggi kepada anggota yang telah verifikasi dengan foto ktp dan foto selfie sambil memegang ktp.
  2. Permasalahan pengembalian dana, komplain dan resi tidak valid diselesaikan dalam waktu yang lama.
  3. Tidak semua produk bisa dijual. Seperti produk tembakau, lingerie, vape dan sejenisnya.
  4. Pencairan dana penjualan memakan waktu 2 hari atau 48 jam. Makanya modal dibutuhkan sangat besar. Dan penjualan cair setelah adanya konfirmasi penerimaan produk dari pembeli atau otomatis masuk ke saldo akun kurun waktu 48 jam setelah produk diterima pembeli.
  5. Modal besar. Jika penjualan toko ramai, bisa menghabiskan modal 5 juta per hari. Bahkan lebih.

Tanya Jawab

Berapa lama berjualan online di marketplace menghasilkan uang?

Biasanya 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Di bulan pertama biasanya mendapatkan keuntungan bersih dari penjualan sebesar 3 juta. Bulan kedua 6 juta dan bulan ketiga hingga seterusnya dapat 9 juta sampai 12 juta. Bulan Ramadan dan Lebaran, biasanya keuntungan bersih bisa mencapai 60 juta.

Produk apa yang paling laku di jualan online?

Menurut pengamatan dan pengalaman, produk yang sering laku adalah alat rumah tangga, otomotif, aksesoris hp, busana dan hobi.

Berapa modal dikeluarkan untuk memulai jualan di marketplace sebagai dropshipper?

Di tahun 2017, saya membuka 3 toko di masing-masing situs marketplace yang saya sebutkan di atas. Modal yang saya keluarkan untuk transaksi penjualan sekitar 15 juta. Total 9 toko. Dari 9 toko tersebut menghasilkan keuntungan bersih di bulan pertama 3 juta, bulan kedua 6 juta dan di bulan ketiga dan seterusnya berkisar 9 juta sampai 12 juta.

Modal 15 juta yang saya keluarkan itu, bukanlah modal patokan ya. Kebetulan di saat saya memulai, penjualan toko cepat tinggi. Mungkin karena hoki. Anda bisa memulai modal 100 ribu jika transaksi penjualan masih sedikit.

Berapa modal membuat toko online pribadi?

Biaya membuat toko online mulai dari desain, fitur, domain dan hosting kena 1,5 juta. Optimasi seo toko online dikerjakan sendiri. Upload produk juga dikerjakan sendiri.

Berapa lama toko online pribadi menghasilkan penjualan tinggi?

Toko online milik pribadi lebih lama menghasilkan keuntungan dari penjualan. Di mulai tahun 2017, toko online saya sendiri hanya menghasilkan keuntungan 3 juta sampai 5 juta di bulan ke 6. Dan penghasilannya tidak tetap. Tetapi tetap menghasilkan.

Berapa biaya iklan di situs e-commerce?

Biaya iklan yang saya keluarkan untuk 9 toko yang saya buka di situs marketplace berkisar 1-2 juta per bulannya.

Seberapa penting menggunakan fitur iklan di situs e-commerce?

Yang pasti penting banget. Inilah yang membuat penghasilan tetap setiap bulannya.

Apakah jualan online pernah sepi?

Berjualan di situs marketplace dalam setahun biasanya ada sepi. Lama sepi penjualan paling sering dialami yakni 2 Minggu. Itupun hanya terjadi 1-2 kali dalam setahun. Sedang toko online sendiri jarang sepi. Selalu ada saja penjualan.

Ada kenalan untuk jasa upload produk ke situs marketplace?

Ada. Tapi harga jasanya mahal. Lebih baik kerjakan sendiri. Murah dan menantang.

Sedia jasa membuat toko online pribadi gak?

Yup, saya menyediakan jasa pembuatan toko online pribadi. Harga tergantung desain, fitur dan hosting yang digunakan. Hubungi saya jika berminat.

Apakah membuat toko online sendiri sudah dapat optimasi SEO?

Pasti dapat. Kalau gak dapat, bukan toko online namanya. Rugi banget membuat toko online, tapi tidak terindeks di Google.

Apa bisa toko di situs marketplace di optimasi SEO?

Gak perlu. Karena situs marketplace sudah memiliki ratusan ribu hingga jutaan pengunjung per hari. Paling menggunakan fitur iklannya, agar produk kita bisa tampil di halaman yang pertama kali pengunjung akses.

Kesimpulan

Memulai jualan online, memang kesempatan yang bagus untuk mendapatkan penghasilan. Baik itu penghasilan pokok atau penghasilan sampingan. Untuk mendapatkan penghasilan yang sesuai harapan, dibutuhkan kerja keras dan rajin belajar kesalahan.

Lakukan evaluasi dan amati minat pasar. Selain itu hitung juga pengeluaran dan pemasukan. Rancang pembukuan anggaran usaha jualan online Anda. Dan jangan lupa menabung. Yang namanya jualan, tidak selalu ramai dan selalu laku. Pasti ada sepinya.

Tidak seperti kita bekerja di perusahaan yang selalu dapat gaji per bulannya. Karena di jualan online, kitalah sebagai pemiliknya dan sekaligus pekerjanya.

Itulah tadi tips jualan online paling laris untuk pemula versi saya. Semua tips yang dibahas di artikel ini sesuai dengan pengalaman pribadi.

Selain jualan online, ada banyak usaha online lainnya yang bisa Anda tekuni. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Silahkan cek info usaha online yang saya lakukan. Siapa tahu bisa menginspirasi Anda.

Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menggunakan kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat ya. Terimakasih telah mampir di blog pemula ini.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button