Tips Menulis Artikel Terbaik Untuk Pemula

Menulis artikel di situs blog merupakan tindakan wajib. Karena konten berupa artikel sangat berperan penting. Untuk meningkatkan trafik kunjungan ke website. Semakin banyak konten, semakin besar peluang menjaring pengunjung.

Namun di artikel ini tidak ada pembahasan menjurus SEO. Tapi condong ke teknik, jenis dan tujuan artikel dibuat. Sebelum memulai menulis ada beberapa persiapan. Supaya Anda bisa melakukannya dengan lancar.

Lihat juga: Manfaat Iklan Online Yang Sebenarnya

Pengertian Artikel

Pengertian artikel adalah sebuah karya menulis yang berisi informasi dan pernah dipublish di media. Atau tulisan dalam ukuran tertentu yang pernah dipublikasikan.

Isi artikel berisi informasi. Informasi apa saja. Baik itu pengumuman, deskripsi, ilmiah, ide-ide, fakta dan lain-lain.

Ciri Artikel

Yang paling mendasar, bahwa ciri artikel adalah tulisan yang menggambarkan suatu kejadian atau benar-benar terjadi. Bisa dikatakan artikel merupakan laporan.

Namanya artikel selalu berisi informasi padat, singkat dan jelas. Sumber isi dari artikel bersifat nyata atau fakta. Bukan karangan fiksi ataupun tidak terjadi di kenyataan.

  1. Isi selalu singkat, ringkas, padat dan deskriptif. Penjelasannya selalu ada akhir.
  2. Isi selalu berdasarkan kenyataan yang terjadi. Sesuai dengan data valid.
  3. Memberitahukan informasi detail pada objek yang dibahas.
  4. Berisi sudut pandang penulis yang harus berdasarkan teori dan data sumber yang valid.
  5. Biasanya menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Namun, seiring perkembangan zaman. Banyak ciri-ciri artikel sesusungguhnya dihilangkan. Mulai penggunaan bahasa yang baku digantikan dengan bahasa gaul. Harusnya berdasarkan fakta terjadi, digantikan dengan kepalsuan. Alias mengurangi atau menambahkan detail fakta terjadi.

Hingga, banyak artikel sekarang ini menyesatkan pembaca. Menimbulkan konflik, mengarahkan kebencian, kecurigaan dan hal-hal provokatif.

Jenis artikel

  1. Narasi. Jenis artikel narasi ini biasanya menginformasikan sebuah peristiwa dari awal sampai akhir. Tapi tetapi sifatnya dirangkum, namun tidak mengurangi makna. Contoh tulisan narasi adalah tentang sejarah, biografi, travelling, kisah pengalaman dan sejenisnya.
  2. Deskripsi. Artinya menjelaskan. Artikel deskripsi memang ditujukan untuk menjelaskan gambaran objek pembahasan. Dengan adanya jenis artikel ini, pembaca dapat merasakan, memiliki gambaran tentang topik pembahasan di artikel. Contohnya artikel tentang objek wisata.
  3. Eksposisi. Artikel sejenis ini biasa menampilkan pembahasan lengkap secara detail. Gunanya menambah ilmu pengetahuan pembaca. Biasanya dilengkapi, gambar, grafik, video dan informasi pendukung atau tambahan lainnya.
    Yang pasti, artikel memang ditujukan untuk pembelajaran. Mulai dari pengenalan, definisi, proses, klasifikasi, analisa, perbandingan dan laporan. Dan mampu mengajak pembaca untuk melakukan.
    Contoh artikel eksposisi adalah pengalaman pergi ke tempat liburan. Mulai dari persiapan, biaya, kendaraan atau transport digunakan, suasana di perjalanan, sarana, biaya, penginapan dll sampai kesimpulan.
  4. Persuasi. Jenis artikel ini biasa berisi informasi bersifat mengajak. Yang paling sering muncul adalah sebab dan akibat. Bisa juga berisi anjuran. Sering digunakan untuk kampanye atau kesehatan. Misalnya, artikel gaya hidup, anti narkoba, kehidupan malam dan sebagainya.
  5. Argumentasi. Membaca kata argumentasi berarti adanya usaha pembenaran. Sehingga terjadi adu pendapat. Ya, artikel argumentasi memang dirancang khusus untuk menguji kebenaran. Mengajak pembaca untuk mengomentari dan memberikan pendapat. Atau bisa dijadikan bahan untuk diskusi. Biasanya objek pembahasan dari data-data yang valid.

Manfaat artikel

  1. Paling utama adalah memberikan informasi.
  2. Penyampaian informasi tidak panjang dan memakan waktu lama untuk dibaca serta dipahami.
  3. Membantu orang-orang yang malas membaca buku. Biasanya tipe pembaca seperti ini suka nyicil.
  4. Memberikan ide-ide baru kepada pembaca.
  5. Menambah pengetahuan.
  6. Memberikan solusi atau penyelesaian masalah yang dihadapi pembaca.

Itulah tadi seputar pengertian, ciri, jenis dan manfaat sebuah artikel. Lalu bagaimana cara menulis artikel yang benar?

Cara menulis artikel

Ada beberapa persiapan untuk memulai mempraktekkan cara menulis artikel dengan mudah. Namun, cara ini ditujukan kepada pemula. Bagi yang mahir, pasti memiliki teknik menulis tersendiri. Yang nyaman digunakan. Berikut cara menulis artikel:

Persiapkan niat dan fokus

Ini wajib Anda miliki pada saat merencanakan penulisan artikel. Tanpa ini, Anda tidak akan pernah memulai menulis. Selain niat dan fokus, diperlukan juga suasana yang tenang. Untuk membantu Anda selalu konsentrasi menulis topik yang dibahas.

Menentukan topik pembahasan

Setelah memiliki niat dan bersungguh-sungguh ingin menulis. Mulailah mencari topik yang akan dibahas dalam artikel.

Usahakan, pilihlah topik yang Anda kuasai. Anda sukai dan senang Anda jelaskan sambil menulis. Berdasarkan pengalaman atau pernah dilakukan, itu semakin baik. Jadi bisa diuji coba. Dan hasilnya kurang lebih seperti yang pernah Anda lakukan.

Memulai menulis artikel

Setelah mendapatkan topik yang akan dibahas di artikel. Saatnya memulai menulis. Persiapan dalam menulis adalah:

  1. Membuat kerangka tulisan. Berfungsi sebagai alat bantu penulis, untuk tetap fokus pada topik yang dibahas. Mulai dari pengenalan, penjelasan, kegunaan dan penutup berupa kesimpulan ataupun ajakan untuk melakukan.
  2. Menyiapkan bahan. Bahan tulisan yang digunakan biasanya beda-beda. Tergantung topik yang akan dibahas di dalam artikel. Jika membahas artikel panduan, Anda perlu menyiapkan gambar atau video tutorial.
    Jika tentang objek wisata, Anda perlu menyiapkan foto-foto objek wisata yang dibahas. Jika tentang analisa atau data, Anda perlu menyiapkan gambar grafik, tabel dan sebagainya.
  3. Menggunakan kalimat pendek. Walaupun ini tidak terlalu penting. Namun fungsinya membuat pembaca mudah memahami isi artikel. Maksimal 10 kata dalam 1 kalimat. Jika lebih, berikan tanda koma untuk jeda. Supaya pembaca mudah mengerti. Terkadang, pembaca suka malas membaca paragraf panjang-panjang.
  4. Menjawab pertanyaan. Setiap membaca, pasti ada pertanyaan yang terbersit dalam pikiran. Nah, jika Anda sudah selesai menulis. Periksa lagi, dengan membaca artikel yang sudah selesai ditulis. Jika ada pertanyaan atau bagian yang kurang dipahami. Sebaiknya Anda tambahkan jawaban dari pertanyaan, atau bagian kurang dimengerti di dalam artikel.
  5. Kurangi kata-kata tidak penting. Penggunaan kata yang tidak penting, hanya menambah bertele-tele dan bosan membacanya, sebaiknya diperhatikan.
    Kurangi atau buang kata-kata penghias. Lebih baik menggunakan kalimat pendek tapi jelas maksudnya. Daripada kalimat panjang, tapi maksudnya menjadi melebar kemana-mana. Untuk mengatasi permasalahan ini. Sebaiknya Anda menghafal sinonim kata-kata yang sering diulangi dalam artikel. Biasanya kata-kata sering berulang contohnya; yang, bisa, dan, atau, sering, oleh karena, oleh sebab, sebab, jika, bila, namun dll.
  6. Penutup. Sebisa mungkin memberikan akhir atau penutup pada artikel. Penutup yang baik biasanya kesimpulan atau anjuran. Memberikan semangat untuk mempraktekkan. Memberikan pilihan menguntungkan.

Itulah tadi cara menulis artikel yang tepat. Cara ini telah diuji coba. Saya sendiri telah mempraktekkannya selama bertahun-tahun.

Menulis artikel SEO friendly

Lagi-lagi SEO ya. Menulis artikel seo friendly sangat mudah. Cuman, artikel ramah seo ini biasanya berhubungan keyword ditentukan. Tujuannya menaikkan dan menjadikan situs, berada di halaman pertama mesin telusur, sesuai keyword ditentukan.

Jadi pastikan artikel yang Anda tulis benar-benar berkualitas dan bermanfaat. Sebab SEO selalu berhubungan dengan kualitas, popularitas dan ranking.

Cara menulis artikel seo friendly

  1. Menentukan keyword atau kata kunci yang ingin ditargetkan. Pilihlah tingkat persaingan rendah. Tapi tinggi juga boleh, asalkan siap berusaha membuat lebih bagus dari pesaing. Hindari penggunaan keyword secara overdosis. Artikel pendek, tapi kata kunci muncul belasan sampai puluhan kali.
  2. Gunakan sinonim dari keyword. Agar tidak terjadi pengulangan keyword berlebihan. Sebaiknya ganti keyword dengan sinonimnya. Misal, kata kunci cara membuat artikel. Anda bisa mengganti dengan sinonim ‘kiat menciptakan tulisan’.
  3. Variasi kata kunci. Jika kata kuncinya ‘tips menulis artikel’ bisa divariasikan menjadi ‘tips spektakuler menulis artikel cepat’.
  4. Minimal 300 kata. Sebaiknya lebih dan ada gambarnya biar menarik dibaca.
  5. Menarik dibaca. Gunakan bahasa yang menarik dibaca pembaca. Usahakan memiliki tujuan bermanfaat bagi pembaca. Setidaknya, minimal bisa menghibur.
  6. Judul mengandung keyword. Ini wajib Anda lakukan. Dan usahkan berada di depan. Misalnya kata kunci ‘menulis susah’. Anda bisa membuat judul seperti ini ‘Menulis Susah Jika Tidak Dilakukan Dengan Benar’. Jumlah kata judul sebaiknya 7-8 kata.
  7. Url link singkat dan mengandung kata kunci. Jika kata kunci ‘menulis keyword’. Maka sebaiknya url link: http://www.domainAnda.com/menulis-keyword. Atau http://www.domainAnda.com/cara-menulis-keyword-benar. Usahakan tidak terlalu panjang. Idealnya 4-5 kata.
  8. Meta description. Untuk yang satu ini, berisi rangkuman artikel. Maksimal 150 kata. Gunakan ini sebagai bahasa promosi artikel yang ditulis. Buat semenarik mungkin, agar pengunjung mesin telusur berminat klik link Anda.
  9. Gunakan gambar atau video. Minimal 1 gambar. Agar semakin berbobot dan menarik untuk diteruskan membacanya.

Jadi apa keuntungan menulis artikel?

Ada banyak alasan mengapa menulis artikel. Merangkum dari berbagai alasan penulis online, beginilah alasan mereka:

  1. Mengasah kemampuan bercerita dan merangsang otak untuk berpikir. Mengembangkan daya imajinasi.
  2. Latihan mengingat. Katanya menulis membuat ingatan menjadi bagus. Bagi orang-orang pelupa, menulis sangat bagus untuk latihan mengingat.
  3. Berbagi. Sebagai bentuk manusia sosial. Menulis dan mempublishkannya ke banyak orang. Merupakan tindakan berbagi. Baik itu informasi bermanfaat dalam kehidupan, berita ataupun sifatnya menghibur.
  4. Mendapatkan uang. Bagi penulis handal, biasanya berpikir bisnis. Menjadikan hobi menulis menjadi ladang uang. Banyak orang membutuhkan artikel.
    Sehingga banyak permintaan jasa penulis. Biasanya jenis artikel diminta adalah artikel produk, promosi atau pemasaran, berita dan sebagai.

    Betapa menyenangkan. Menyalurkan hobi, sambil mendapatkan uang. Apalagi pekerjaan menulis bisa dilakukan dimana saja. Hasil uang yang didapatkan tidak tanggung-tanggung. Bisa puluhan juta per bulannya. Belum lagi artikelnya dimonetisasi. Semakin banyak pundi penghasilannya.

Jasa penulis

Saya tidak suka menulis. Tapi butuh konten artikel bagus di situs saya. Apa yang harus saya lakukan?

Memang menulis merupakan aktivitas menyenangkan dan mudah. Tetapi membuat artikel yang bisa membuat orang membacanya. Itulah hal yang paling sulit. Apalagi membuat pembaca membagikan artikel ke media sosial atau medsos.

Untuk mengatasi permasalahan ini. Yang anda butuhkan hanya orang bisa menulis. Yakni penulis. Ada banyak jasa penulis beredar di internet. Memasang tarif dan menawarkan penulisan artikel sesuai tema yang Anda minta.

Anda bisa mengunjungi situs sribulancer atau projectscoid. Kedua situs ini menyediakan freelancer atau worker. Yang menguasai kerjaan menulis. Sewa tenaga dan keahlian mereka.

Anda tinggal membuat project di kedua situs tersebut. Tentukan tema, bahasa yang digunakan, jenis artikel, minimal jumlah kata dan lain-lainnya.

Jangan lupa juga menentukan budget. Jika Anda tidak tahu harga pasaran jasa penulis, buat penawaran harga dengan open suggestion di projectcoid.

Setelah Anda membuat project, biasanya langsung banyak penulis menawarkan jasa mereka. Disinilah Anda harus memilih dengan jeli. Mulai dari jenis artikel, bahasa digunakan, tema atau topik dan anggaran budget membayar upah menulis.

Untuk mendapatkan jasa penulis yang baik. Mudah-mudahan sesuai dengan keinginan Anda. Silahkan ikuti tips-tips memilih jasa penulis dibawah ini.

Tips Memilih Jasa Penulis

Di bagian ini, anggapan bahwa Anda telah mendaftar di sribulancer atau projectscoid. Dan sedang mencari worker atau freelancer penulis.

Lalu Anda membuat project. Akan banyak penawaran ke Anda. Mulai dari harga, topik artikel, jumlah kata, dan sebagainya.

Dan anda menjadi bingung memilih jasa penulis lepas. Silahkan ikuti tips-tips di bawah ini:

  1. Tentukan harga. Sesuaikan dengan harga yang Anda inginkan. Jangan malu menetapkan harga.
  2. Minta gratis 1 artikel untuk test skill menulis. Ini wajib Anda minta ke jasa penulis. Minta kepada mereka 1 contoh artikel. Topik Anda tentukan sendiri. Dan menulis langsung di percakapan atau dalam file MS Word.
  3. Segera minta revisi jika dirasa tidak sesuai permintaan Anda. Setelah contoh artikel selesai, periksa dengan teliti. Apakah sudah sesuai dengan Anda harapkan. Jika sudah, bernegosiasilah ke penulis.
  4. Pilih penulis yang siap direvisi sampai sesuai. Ada banyak jasa penulis sok jual mahal. Sok dibutuhkan. Sok artikelnya paling bagus. Jadi pastikan Anda memilih jasa penulis yang patuh jika diminta direvisi artikelnya.
  5. Tepat waktu. Ada banyak penulis di sana memiliki rating bagus. Tetapi masalah tepat waktu seringkali telat. Anda harus tegas. Tentukan batas waktu setor artikel sebelum Anda Deal harga dan kerjasama.
  6. Hati-hati artikel hasil terjemahan. Biasanya artikel hasil terjemahan, bahasanya sangat sulit dipahami. Jadi Anda perlu teliti disini. Jangan tertipu dengan susunan paragraf. Jangan ragu untuk memecat atau membatalkan kerjasama. Jika terbukti artikel terjemahan. Kita kan mencari pekerja jujur.
  7. Hati-hati artikel plagiat atau copypaste. Tidak bagus untuk SEO. Jadi harus hati-hati ya. Jika terbukti plagiat, langsung komplain dan jangan dibayar. Untuk memeriksa konten plagiat. Silahkan baca: Cara Periksa Artikel Duplikat.

Itulah tadi cara memilih jasa penulis yang handal. Bisa dipercaya dan profesional.

Namun Anda jangan pernah lengah. Apalagi ketemu dengan perkenalan diri dari freelancer atau worker.

Yang mengaku berpengalaman belasan tahun atau pernah bekerja sebagai penulis di sebuah website besar dan terkenal.

Karena itu hanya kedok saja untuk mendapatkan harga mahal. Untuk bisa menyakinkan Anda.

Silahkan ikuti tips-tips diatas untuk menghindari kerugian.

Akhir kata, tulisan cara menulis artikel ini bertujuan membantu Anda. Menciptakan sebuah artikel. Dilengkapi kiat-kiat bagus. Yang telah diuji kebenarannya.

Semoga artikel cara menulis artikel ini bisa bermanfaat. Jika terlalu panjang, silahkan langsung ke intinya saja. Yakni menggunakan daftar isi artikel ini.

Jika Anda pertanyaan, Ada bisa menanyakan dengan menggunakan kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat ya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button