Info Peluang Usaha Online Paling Menjanjikan Saat Ini

Peluang usaha online kini semakin diminati masyarakat Indonesia. Termasuk saya sendiri. Dan saya lihat serta amati, usaha online semakin diminati karena banyak faktor.

Faktor menyebabkan usaha online diminati masyarakat Indonesia:

  1. Mudah mendapatkan pekerjaan.
  2. Penghasilan pokok tidak mencukupi kebutuhan sehingga mencari penghasilan sampingan dari internet.
  3. Mengeluarkan modal minim untuk memulai usaha online.
  4. Kemudahan dalam promosi dan transaksi.
  5. Dan masih banyak lagi.

Tentu setiap usaha untuk menghasilkan uang lumayan banyak, memerlukan upaya-upaya, waktu dan cara tersendiri. Usaha online juga begitu.

Seperti saya ini. Awalnya bekerja di perusahaan kontraktor sebagai IT. Dengan gaji pas-pasan dengan kerja yang luar biasa lamanya. Tenaga dan waktu terkuras. Saya pikir tidak sebanding dengan gaji yang didapatkan.

Sehingga saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan secara terhormat. Lalu memulai usaha online. Mulai dari yang tidak tahu apa-apa hingga memiliki banyak ide memulai usaha online.

Memang, selama 3 bulan setelah saya berhenti kerja. Saya banyak habiskan waktu mencari informasi tentang mencari penghasilan dari internet. Dan ada banyak peluang yang tersedia internet.

Baca juga: Cara Berhenti Merokok Ala Orang Biasa

Daftar Usaha Online Yang Pernah Saya Kerjakan

Setelah 3 bulan masa pencarian jenis usaha apa yang saya lakukan di internet. Saya menemukan kriteria usaha yang cocok dengan keahlian saya miliki.

1. Jasa SEO

Di bulan keempat, kerja online saya kerjakan adalah menjadi jasa SEO website wisata, toko online pribadi dan toko klien yang ada di marketplace.

Untuk usaha jasa seo ini, jangan pernah berharap tinggi bayarannya. Dapat 1 juta sebulan bersyukur banget. Karena permintaan optimasi seo website tidak terlalu banyak.

Namun pernah di bayar 90 juta untuk optimasi seo web dan promosi untuk mendapatkan klien banyak dalam 3 bulan di tahun 2012. Dan berhasil. Lumayan banget.

Oh ya membuka usaha jasa seo bisa dikatakan mudah dan cepat mendapatkan klien. Rahasianya banting harga murah. Memberikan harga murah dengan kualitas sesuai target klien, merupakan kunci utama mencari nama di bidang ini.

Saya pernah mengoptimasi seo website hanya dibayar Rp.25.000. Syukurnya cepat naik di halaman pertama. Dikasih murah karena klien pertama.

2. Jasa Menulis Artikel

Karena pekerjaan sebagai jasa seo, tentu saya harus bisa menulis artikel. Karena artikel selalu berhubungan dengan SEO.

Kerja sebagai penulis artikel online tidaklah mudah. Apalagi bagi saya seorang mudah terpengaruh fokusnya. Terkadang menulis juga sering macet karena banyak gangguan.

Ya namanya kerja di rumah, sudah pasti banyak gangguannya. Khususnya kalau sudah punya anak-anak. Masih kecil dan suka jahil. Manja-manjaan dan banyak banget alasannya untuk ganggu kita kerja.

Tapi jangan dimarahin loh ya. Namanya anak-anak masih belum paham betul tentang kerja kita. Jadi dengan pelan-pelan dan lembut memberitahunya. Lama-lama juga mengerti.

Yang pasti yang namanya menulis, membutuhkan konsentrasi. Dan dalam mood yang enak.

Pengalaman menulis artikel pertama kali pernah dibayar Rp.3.000 artikel dengan minimal isi 500 kata. Sewaktu itu dapat proyek menulis artikel panduan sebanyak 1000 artikel. Dengan aturan menyetor 10 artikel per hari.

Karena saya butuh uang pada saat itu, saya terima saja. Dan saya pun sanggup mengerjakannya hingga 20 artikel per hari. Hasil tulisan juga lumayan bagus kata si owner projectnya.

Malah saya dikasih bonus berupa uang. Kalau ditotalkan, bayaran per artikel Rp.12.000. Saya dikasih bonus karena artikel panduan yang ditulis mudah dipahami, cepat berada di halaman pertama Google dan member yang didapat juga banyak.

Dan sejak itulah tawaran menulis artikel selalu datang. Pernah juga jadi penulis freelance di situs lain. Tapi gak diterusin karena bayarannya kecil dan juga kena potongan. Jumlah potongannya juga lumayan loh.

Tapi untuk Anda yang pemula, tidak usah mematok harga tinggi. Lama dapat uangnya.

Pekerjaan sebagai penulis artikel bisa dikatakan pekerjaan kepepet uang. Gak enaknya menjadi penulis artikel di Indonesia, upahnya sedikit dan kita menulis sesuai yang diminta klien. Artinya terpaksa menulis untuk topik yang kita tidak sukai.

3. Afiliasi

Selain kedua kerjaan online di atas, saya juga mengerjakan bisnis afiliasi. Kerjaan seperti sangat mudah menurut saya.

Kerjanya hanya mempromosikan link afiliasi. Tapi saya gak pernah berharap banyak untuk usaha online seperti ini. Karena hoki-hokian.

Dan saya pun menjelaskannya ala kadarnya saja. Cukup hanya tahu saja. Okelah, kita skip aja untuk usaha online satu ini.

4. Jasa Pembuatan Website

Untuk skill pembuatan website yang saya miliki tidak terlalu jago. Bahkan bisa dikatakan biasanya saja. Hanya menggunakan CMS dan menggunakan theme atau template.

Biasanya, kalau tukang bikin website berarti harus bisa SEO. Kalau saya kebalikannya. SEO dulu baru bikin website. Aneh ya.

Tapi jasa pembuatan website yang saya jalankan, lancar-lancar saja. Permintaan bikin website juga tidak terlalu sulit. Paling company profile, toko online dan blog pribadi.

Harga saya tawarkan juga murah hanya Rp.500.000, termasuk desain, fitur, optimasi seo website. Belum termasuk harga domain dan hosting.

Bahkan ada yang nawar harga Rp.100.000, saya kerjakan juga. Lumayan nambah-nambah penghasilan.

5. Jualan Online

Ini yang terakhir sebagai sumber penghasilan saya di internet. Usaha yang paling menghasilkan banyak uang dan tetap.

Memulai jualan online berawal dari jasa seo yang saya kerjakan. Karena banyak klien saya meminta mengoptimasi seo toko online mereka.

Dan hasil pengerjaan seo juga bagus untuk penjualan mereka. Inilah membuat saya kepikiran untuk membuat toko online.

Orang lain bisa saya bantu berjualan, kok saya gak ikutan saja.

Jualan online adalah usaha online paling mudah untuk menghasilkan uang. Khususnya dropship. Hanya menjadi dropshipper, tidak perlu tempat lalu jadi toko online.

Tentunya untuk membuat toko online wajib memiliki doman dan hosting sendiri. Ada modal awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan toko online sendiri.

Kalau tidak punya modal untuk membeli domain dan hosting, Anda bisa memulai dengan membuka toko online di situs-situs marketplace. Tentu dengan cara ini membutuhkan dana lebih besar.

Saya membuka toko di situs marketplace dengan sistem dropship juga ke situs marketplace lainnya. Dan awal melakukan usaha online dropship di situs marketplace atau ecommerce, langsung laris manis.

Dan ternyata modal yang dibutuhkan besar. Perkiraan modal awal menjadi dropshipper dari situs marketplace ke situs marketplace lainnya kena Rp.14.000.000. Ramai banget penjualan. Untung bersih saja bisa 30 juta sebulan dengan modal segitu.

Beda pula dengan melakukan dropship dari toko online sendiri. Hanya mengeluarkan modal sekali untuk biaya domain dan hosting. Untuk uang belanja produk kan langsung dibayarkan pembeli. Jadi gak pusing mikirin biaya belanja.

Namun kelemahan membuka toko online sendiri, meningkatkan penjualan agak lama. Ini disebabkan faktor pengunjung toko online yang sedikit, kurang dipercaya, dan faktor lainnya. Tapi yang sering menjadi kendala adalah faktor kepercayaan.

Itulah peluang usaha online yang pernah saya kerjakan hingga sekarang. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dijadikan sumber uang. Namun saya belum pernah mencoba.

Jikapun saya jelaskan, seperti muluk-muluk jadinya. Terasa sok iye, padahal gak pernah dikerjakan.

Tapi jika Anda menyarankan usaha online lainnya, boleh-bolehlah share di kolom komentar dibawah. Dan jika ada pertanyaan seputar usaha online yang dibahas di artikel ini, jangan sungkan bertanya ya.

Inspirasi artikel dari : 10 Cara Mendapatkan Penghasilan Jutaan Rupiah Per Hari.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button